Pantai Bandengan


Membicarakan tempat wisata di Jawa Tengah memang tidak akan ada habisnya, karena daerah ini sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata alam yang menarik dan eksotis. Sebut saja salah satu wilayahnya adalah Jepara, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan berbagai keindahan alam dan banyak dijadikan tempat tujuan wisata. Salah satu dari berbagai tempat wisata alam yang cantik di Jepara adalah Pantai Bandengan, pantai wisata alam, keluarga, rekreasi yang murah meriah.

Pantai Bandengan juga disebut Pantai Tirta Samudera merupakan pantai yang landai dengan pasir putih sehingga nyaman untuk bermain. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota Jepara kurang lebih berjarak 7 Km, Cuma membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapainya dari pusat kota. Apalagi sekarang sudah ada jalan tembus melalui komplek Gelora Bumi Kartini. Fasilitas angkutan umum juga banyak sehingga tidaklah khawatir apabila berkunjung ketempat ini. Area pantai ini cukup luas sekitar 16 Ha sehingga dapat di pergunakan untuk berbagai macam kegiatan diantaranya ada kemah, volley atau kegiatan yang membutuhkan area yang luas. Bahkan pantai  ini juga sering dipakai untuk ajang Motocross, Festival layang layang baik even lokal, nasional  bahkan international.

Asal Usul Pantai Bandengan

Asal usul nama pantai ini berawal dari kisah perjalanan Putra Sunan Muria yakni Amir Hasan sewaktu melintas ditempat ini beliau menemukan banyak sekali ikan bandeng, maka desa dan pantai tersebut dinamakan Bandengan. Dan pantai ini juga merupakan tempat favorit bagi Pahlawan Nasional wanita Indonesia yang berperan penting dalam emansipasi wanita siapa lagi kalau bukan R.A. Kartini. Beliau sangat senang berada di pantai ini, bahkan pernah melakukan pertemuan empat mata dengan Mr. Abendanon untuk membicarakan perihal keinginan RA. Kartini bersekolah ke Belanda walaupun akhirnya keinginan tersebut tidak jadi dilaksanakan.

panduanwisata.id

Wahana Permainan

Pantai Bandengan menyediakan berbagai wahana permainan air yang sangat lengkap dan dapat disewa. Salah satunya adalah bermain banana boat sepuasnya dengan tarif penyewaan berkisar mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000. Bagi yang hanya ingin berenang saja bisa menyewa ban sepuasnya dengan kisaran harga penyewaan sebesar Rp. 10.000. Sedangkan untuk yang ingin berkeliling menggunakan jetski tersedia penyewaannya dengan tarif Rp. 60.000 untuk digunakan sepuasnya. Beberapa wahana air yang cukup unik lainnya pun juga patut dicoba, seperti kolam arus khusus yang bernama Wave House, hingga persewaan perahu untuk mengantarkan pengunjung ke Pulau Panjang yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bandengan.

Sedangkan Tiket masuk Untuk hari senin sampai dengan Jumat sebesar Rp. 3.000,- untuk dewasa, Rp. 2.000,- untuk anak-anak, dan hari sabtu sampai minggu dan hari libur sebesar Rp. 5.000,- untuk dewasa dan Rp. 3.000,00 untuk anak-anak. Jika menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor dikenai retribusi Rp. 1.000,-, mobil Rp. 2.500,-, Minibus Rp. 5.000,- dan bus besar  Rp. 10.000,-. Sedangkan parkir kisaran Rp. 3.000 sampai dengan 10.000 tergantung jenis kendaraannya.

panduanwisata.id

Pantai Bandengan sampai saat ini masih eksis sebagai salah satu tempat wisata andalan yang wajib dikunjungi, terutama di tahun 2017 ini. Pengelolaan pantai yang dipegang oleh pemerintah setempat dan partisipasi warga, gabungan keduanya mampu menarik wisatawan lebih banyak menuju objek wisata tersebut. Ditambah lagi dari Pantai Bandengan, pengunjung dapat menuju alternatif destinasi wisata lainnya seperti Pulau Panjang, atau bahkan Kepulauan Karimunjawa. Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, turis macanegara pun dapat ditemukan disini, karena selain pemandangannya yang indah, lokasi menyelam di pantai ini pun sangat menarik untuk dijelajahi. Keindahan alam bawah laut seperti batu karang, biota laut, dan ikan-ikan air asin yang langka masih bisa ditemukan di dalam perairan sekitar pantai.

 

Category : traveling , , , ,

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *